Tuesday, May 10, 2011

4 SAJIAN PERAMPING PERUT




Bawang putih, kayumanis, cabai, cengkeh, mampu membakar energi dua kali lipat lebih cepat, beberapa jam setelah makan.
Pakar mendapati bahwa ada beberapa jenis makanan yang perlu tenaga lebih untuk dapat dicerna. Ini bermakna, pembakaran kalori tidak terjadi setelah makanan itu sampai di perut, melainkan sudah sejak kita mengunyahnya. Pada kajian yang dilakukan di Jepun, pakar menemukan bahwa perempuan yang menyantap makanan sejenis ini memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil dibanding mereka yang makan jenis makanan yang mudah dikunyah.

Rahsianya terletak pada jenis makanan yang tinggi serat dan protein. Selain itu, juga ada beberapa jenis bumbu dan zat lainnya yang ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kerja saraf dan metabolisme hingga 12 %. Dalam bukunya, The Active Calorie Diet, Leslie Bonci, RD, ahli nutrisi dari UPMC Center for Sports Medicine, Pittsburgh, membahagi makanan menjadi beberapa kelompok, iaitu:

Chewy foods (daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah, dan sayuran)
Jenis makanan ini akan membuat badan terus bekerja begitu termasuk kita mengunyah.  Untuk menguyah secara maksiam, pilih makanan dalam bentuk kenyal. Misalnya, daging ikan tuna yang dipanggang, elakkan daging tuna tin .

Hearty foods (buah, sayuran, beras merah, gandum, dan serealia)
Selain membuat kita mengunyah lebih kerap, makanan ini juga kaya serat. Jadi,  perut kita akan merasa kenyang lebih lama.

Energizing foods (kopi, teh hitam atau hijau, dark chocolate)
Jenis makanan ini dapat meningkatkan metabolisme.  kita tidak boleh mencampurnya dengan susu, krim, atau gula. Teh hijau tidak mengandung banyak kafein, tapi di dalamnya terdapat katekin. Jenis antioksidan ini boleh meningkatkan metabolisme hingga 4 %. Sementara itu,  chocolate mengandungi katekin mahupun kafein. Kita hanya perlu sekitar 28 grm saja sehari. 


Warming foods (paprika, cabai, kayumanis, bawang putih, halia, cuka, mustard, cengkeh)
Kandungan capsaicin dalam cabai boleh membuat tubuh membakar energi dua kali ganda lebih cepat  beberapa jam setelah makan. Demikian menurut kajian terbaru dari UCLA. Bahkan, cabai yang tidak terlalu pedas pun boleh membantu mengikis 100 kalori sehari. Jika tidak suka pedas, cuba tambahkan kayumanis, cengkeh, daun salam, dan bawang putih untuk menu harian .

No comments:

Post a Comment

tajuk post

Nuffnang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...